Bukalapak Rencanakan IPO Bikin Saham EMTK Menguat

Bukalapak Rencanakan IPO Bikin Saham EMTK Menguat



Saham PT Elang Mahkota Teknologi bergerak positif seiring dengan kabar Bukalapak yang akan segera melancarkan rancana penawaran perdana saham (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada Agustus 2021 mendatang. 

Perusahaan e-commerce terbesar ke-3 di Indonesia tersebut diberitakan telah menyampaikan dokumen rencana IPO ke BEI. Mengutip sumber Reuters, berniat melepas 10-15% saham dengan harapan valuasi perusahaan bisa mencapai US$ 5 miliar atau Rp 71 triliun. 

Per akhir 2019, disebutkan valuasi Bukapalak sekitar US$ 2,5 triliun atau Rp 35,5 triliun.Total dana yang ditargetkan dari hajatan tersebut berkisar US$ 500 juta hingga US$ 800 juta, tergantung dari permintaan pasar nanti. 

Angka ini setara dengan Rp 7,1 triliun-Rp 11,4 triliun (kurs Rp 14.200/USD). Belum diketahui, apakah hajatan ini menjadi peluang monetisasi EMTK atau bukan. Jika iya, maka likuiditas EMTK akan membanjir. 

Namun, jika EMTK memilih bertahan, berarti Bukalapak dipercaya bisa membawa kinerja perseroan ke depan. Terlebih, Bukalapak diproyeksikan akan menjadi mesin pertumbuhan bisnis bagi perseroan. 

Tahun ini, EMTK mengargetkan pertumbuhan pendapatan di kisaran 4-5%. Perseroan berkomitmen meningkatkan unsur sinergi dari platform konten di media yang nantinya akan di bawa ke elemen transaksi melalui platform Bukalapak dan payment melalui DANA. 

Pada perdagangan Kamis (17/6), EMTK menjadi salah satu saham yang cukup aktif ditransaksikan dengan total nilai jual beli mencapai Rp 220,78 miliar. Hal ini dipicu akis beli oleh asing dengan net buy sekitar Rp 7,01 miliar. 

Saham ini juga banyak diburu oleh para nasabah Mirae Asset Sekuritas dengan total nilai beli mencapai Rp 27,46 miliar.  (Mirae Asset Sekuritas)

Post a Comment

0 Comments