Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji UMR UMP

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji UMR UMP

Biasanya gaji UMR atau UMP tergolong pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun anda harus tetap semangat, berikut kami bagikan tips untuk mengatur keuangan dengan gaji UMR (Upah Minimum Regional) atau UMP( Upah Minimum Provinsi) anda agar bisa tetap cukup.

Pertama : Jauhi hutang, apalagi hutang yang mengandung Riba. Riba hanya membuat hidup kita tidak tenang dan merasa selalu tak cukup penghasilan.

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay


Kedua : Gunakan 10% dari total gajinya untuk sedekah. Sedekah tidak akan membuatmu jatuh miskin. Justru dengan sedekah, akan membuka pintu rezeki kamu darimana saja. 

Keempat : Gunakan 20% dari total gajinya untuk asuransi kesehatan dan jiwa. Ini bisa anda lakukan jika anda atau keluarganya tidak memiliki fasilitas kesehatan dari tempat kerja anda. 

Ketiga : Gunakan 30% dari total gajinya untuk pengeluaran produktif, misalnya pengeluaran yang digunakan untuk tabungan ataupun investasi. Jika memilih investasi, jangan memilih investasi bodong. Disarankan untuk memilih investasi emas atau saham. Tabungannya nantinya bisa digunakan untuk dana cadangan atau untuk investasi properti.

Kelima :Gunakan 40% dari total gajinya untuk digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari seperti makan, entertainment, dan sebagainya.

Post a Comment

0 Comments