Cara Hemat Kuota Internet saat Gunakan Aplikasi Zoom

Cara Hemat Kuota Internet saat Gunakan Aplikasi Zoom

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Di tengah pandemi ini, kita harus melakukan berbagai aktivitas kantor maupun sekolah melalui online sesuai anjuran pemerintah untuk tetap dirumah saja agar terputus mata rantai penularan covid19.  Sehingga beberapa instansi terpaksa mewajibkan pekerja atau karyawannya melakukan Work From Home, demikian pula sekolah dengan terpaksa harus melakukan sekolah online.
  
Namun ada kendala yang apabila dalam pelaksanaan video conference yakni besar kuota internet yang akan terpakai saat penggunaan aplikasi video conference, apalagi jika kuota internet yang dipakai dari data seluler yang pastinya akan terasa di isi kantung pengguna yang bukan "sultan".

Salah satu aplikasi  video conference yang cukup populer saat ini dalam pelaksanaan Work From Home ataupun sekolah online yakni Aplikasi Zoom. Di tulisan sebelumnya Berapa Kuota internet yang terpakai saat gunakan zoom telah dibahas  seberapa besar kuota yang terpakai. hasil simulasi jika dalam sebulan kita gunakan hanya dalam 20 hari saja dan setiap harinya kita menggunakan dalam 1 jam saja dengan jumlah partisipan rata-rata 20 orang maka kuota internet yang akan terpakai 19 GB.  Nah, gimana dengan jika penggunaan aplikasi lebih dari 1 jam sehari, digunakan lebih dari 20 orang dan lebih dari 20 hari sebulan?? Sehingga saran penulis, agar menggunakan kuota internet yang Unlimited.

Bagaimana untuk pengguna yang tidak memiliki kuota internet unlimited?? 

Untuk pengguna yang kuota internet limited, ada cara yang bisa digunakan agar bisa hemat kuota internet saat menggunaan zoom dengan melakukan mute suara dan menghide videonya. Yang ada suara dan ada videonya cukup yang sedang berbicara saja. 

Dalam 10 menit simulasi menggunakan video dan tidak menggunakan video, hasilnya cukup jauh selisih kuota internet yang terpakai. Menggunakan video dengan durasi 10 menit bisa lebih dari 200 MB yang terpakai, sedangkan kuota internet yang terpakai saat tidak menggunakan video kurang dari 50 MB.

Post a Comment

0 Comments